Pages

Senin, 26 Mei 2014

kolestrol

amburger, es krim, keju, telur, seafood, ayam goreng...  am nyam nyam nyam 
who wants?
ups bulan Ramadhan lagi puasa gini ngomongin makanan hihi
4 sehat 5 sempurna, pernah dengar kan kata-kata ini? masih ingat terdiri dari apa saja 4 sehat 5 sempurna? ya, yang pertama makanan pokok seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum, serta umbi-umbian lainnya. yang kedua lauk pauk. yang ketiga sayur mayur. yang keempat buah-buahan. dan yang kelima susu. yap, ini 'aturan gizi seimbang'.
bagaimana kalau tidak mematuhi 'aturan gizi seimbang' ini? terlalu banyak konsumsi lauk pauk yang berasal dari daging hewan dan sangat kekurangan sayur mayur dan buah-buahan? apalagi sukanya makan makanan junk food yang kolesterolnya tinggi, apa yang akan terjadi di dalam tubuh?
kelosterol? apa itu kolesterol?
Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh selain karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Lemak atau khususnya kolesterol memang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita :) (sumber)
apa fungsi kolesterol?
-untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh.
-bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid.
-dll
Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Meningkatnya jumlah asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan yang disebut sebagai makanan sampah (junkfood).
"Kolesterol adalah suatu jenis lemak yang ada dalam tubuh dan dibagi menjadi LDL, HDL, total kolesterol dan trigliserida." - dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK dari Departemen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (sumber)
picture source
HDL (high density lipoprotein cholesterol) atau kolesterol lipoprotein berkepadatan rendah, juga dikenal sebagai kolesterol baik. Peranan kolesterol HDL adalah membawa kembali kolesterol buruk ke organ hati untuk pemrosesan lebih lanjut. (sumber)
Onigiri Rice ballsLDL (low density lipoprotein cholesterol) atau kolesterol lipoprotein berkepadatan rendah. Kolesterol LDL adalah kolesterol jahat karena kolesterol LDL melekat pada dinding arteri dan bisa menyebabkan penyempitan pembuluh arteri. (sumber)

LDL si kolesterol jahat suka mendiami dinding pembuluh darah, bagaimana bisa?

penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah arteri (picture source)
Kolesterol yang berlebihan dalam darah akan mudah melekat pada dinding sebelah dalam pembuluh darah, disebut juga aterosklerosis. Selanjutnya, LDL akan menembus dinding pembuluh darah melalui lapisan sel endotel, masuk ke lapisan dinding pembuluh darah yang lebih dalam yaitu intima. (sumber)
atheroschlerosis mechanism:
LDL menyusup ke dalam intima-->
mengalami oksidasi tahap pertama -->
terbentuk LDL yang teroksidasi yang memacu terbentuknya zat yang dapat melekatkan dan menarik monosit (salah satu jenis sel darah putih) menembus lapisan endotel dan masuk ke dalam intima-->
LDL-teroksidasi juga menghasilkan zat yang dapat mengubah monosit yang telah masuk ke dalam intima menjadi makrofag lalu menjadi sel busa-->
Sel busa yang terbentuk akan saling berikatan membentuk gumpalan yang makin lama makin besar sehingga membentuk benjolan-->
penyempitan lumen pembuluh darah-->
aliran darah kurang lancar (sumber)
Aterosklerosis bisa terjadi pada arteri di otak, jantung, ginjal, organ vital lainnya dan lengan serta tungkai. Jika aterosklerosis terjadi di dalam arteri yang menuju ke otak (arteri karotid), maka bisa terjadi stroke. Jika terjadi di dalam arteri yang menuju ke jantung (arteri koroner), bisa terjadi serangan jantung. (sumber)
"Sebagian besar hiperkolesterol tidak menimbulkan gejala, itu repotnya"-dr.Samuel Oetoro (Sumber)
Kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan aliran darah menjadi kental sehingga oksigen menjadi kurang, sehingga gejala yang timbul adalah gejala kurang oksigen seperti sakit kepala, pegal-pegal. (Sumber)
Sangat diperlukan check up untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh. Kenapa perlu? untuk mengetahui hiperkolesterol sedini mungkin sehingga dapat mencegah penyakit yang diakibatkan. (Sumber)
Kadar kolesterol dalam darah dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan darah di laboratorium kesehatan. Hasilnya akan dibandingkan dengan tabel klasifikasi kadar kolesterol sehingga dapat ditentukan golongannya. Selain di laboratorium, bisa juga menggunakan alat cholesterol-meter yang dapat langsung memeriksa kadar kolesterol dalam darah. (Sumber)

Tabel Klasifikasi LDL dan HDL Kolesterol, Total Kolesterol dan Trigliserida (sumber)
"Kadar kolesterol harus dikontrol, kadar total kolesterol jangan lewat ambang standar yaitu 200 mg/dL, kadar trigliserida (TGA) kurang dari 150 mg/dL, kadar HDL harus tinggi yaitu lebih dari 50 mg/dL, dan kadar LDL jangan lebih dari 100mg/dL"- dr. Samuel Oetoro (Sumber)
Untuk itu, agar kadar kolesterol dalam darah anda tetap stabil , salah satu jalan untuk menghindari kolesterol HDL tinggi adalah dengan membatasi makanan-makanan yang dikenal mengandung tinggi kolesterol. (Sumber)
picture source
yang mengandung kolesterol tinggi: kuning telur, hati, udang, daging sapi, daging kambing, kulit ayam, makanan cepat saji, keju, burger, es krim, jeroan, cumi-cumi, kerang, kepiting, dll. (sumber)
picture source
yang mengandung kolesterol baik (HDL): oat, minyak zaitun, gandum, yogurt, buah alpukat, minyak kelapa murni, kacang-kacangan, cokelat hitam, asam lemak omega-3 (terdapat pada ikan laut dalam seperti ikan salmon, ikan tuna), asam lemak omega-6 (terdapat pada minyak jagung dan minyak kedelai), asam lemak omega-9 (terdapat pada alpukat, minyak zaitun dan canola oil), dll.  (sumber)
Ohiya selain HDL dan LDL, ada yang namanya trigliserida. Apa itu trigliserida? Trigliserida adalah salah satu bentuk lemak yang diserap oleh usus setelah mengalami hidrolisis. Trigliserida merupakan lemak-lemak darah yang cenderung naik seiring dengan peningkatan berat badan. Penambahan trigliserida meningkatkan resiko perkembangan penyakit jantung dan stroke. Orang-orang yang mempunyai trigliserida tinggi juga cenderung untuk mendapatkan tambahan-tambahan dalam tekanan darah dan resiko tambahan untuk mengembangkan penyakit diabetes.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fans