Pages

Senin, 26 Mei 2014

kupu kupu

ya, sejak kecil aku tidak tertarik pada kupu-kupu. kenapa? sebenarnya aku tidak suka pada masa lalu kupu-kupu. ulat. iya aku tidak suka ulat 
hanya karena itu. jadi setiap ada kupu-kupu yang mendekat, aku selalu menghindar.
ketika kupu-kupu terbang mendekatiku, yang kubayangkan malah ulat terbang mendekatiku 
picture source
metamorfosis, si ulat akan berubah menjadi kupu-kupu suatu saat. dari sesuatu yang menggelikan dan menggeliat berubah menjadi sesuatu yang cantik dan dapat bebas terbang.
metamorfosis, si Husna kecil berubah menjadi Husna dewasa. dari seseorang yang pemalu dan pendiam berubah menjadi seseorang yang.. entahlah :')
akhir-akhir ini aku berpikir bahwa kupu-kupu ya kupu-kupu, ulat ya ulat. ulat sudah berubah menjadi kupu-kupu. jadi, sekarang aku tidak lagi takut jika didekati kupu-kupu walau masih sedikit berpikir bahwa masa lalu kupu-kupu adalah ulat hiii. well, ulat juga makhluk hidup, jadi kau 'berusaha' untuk tidak jijik 
"masa anak biologi takut ulat"- mom
ohiya, dulu aku kira semua serangga yang punya sayap bermotif dan warna-warni itu kupu-kupu, ternyata tidak.
aku         : "ih ada kupu-kupu"
seseorang: "bukan, itu ngengat"
aku:        :  "apa? ngengat? apa serangga itu bisa menyengat dan menggigit manusia?"
entah kenapa aku berpikir kalau nama "ngengat" itu aneh dan menyeramkan 
kupu-kupu dan ngengat memang berada dalam ordo yang sama, yaitu Lepidoptera atau serangga bersayap sisik. waktu kecil, seekor kupu-kupu besar jatuh di dapur rumah. aku langsung lari ketakutan karena aku pikir itu kupu-kupu yang tidak normal. ukurannya jauh lebih besar dari yang biasanya aku lihat. katanya sih itu kupu-kupu gajah. hingga beberapa bulan yang lalu, aku baru tahu bahwa itu bukan kupu-kupu melainkan ngengat (Attacus atlas) -___-
yang paling aku suka adalah ketika melihat kupu-kupu berwarna putih padahal kupu-kupu banyak yang berwarna-warni nan cantik. tapi aku suka yang berwarna putih. terlihat bersih gitu deeh~ selain warna putih, aku suka yang warna kuning dan pastinya ungu juga hehe
yaa paling suka sih famili Pieridae atau 'si putih dan kuning'.
photo source
Berkas:Rapsweissling Pieris napi .jpg
photo source
eh ada loh Undang-undang Perlindungan Margasatwa, mulai dari perlindungan terhadap kupu-kupu, burung, ular, buaya, kancil, harimau, gajah dan komodo.  Undang-undang tahun 1980. Sembilan belas Papilionidae dan satu jenis Nymphalidae dilindungi karena penurunan populasi, kerusakan habitat, endemik, reproduksi lambat, meningkatnya penangkapan.(sumber)
kasihan ya habitat mereka dirusak manusia. coba kalau habitat manusia gantian yang dirusak, where will you live? how human gets a good life?
Indonesia punya Ornithoptera goliath, berasal dari Papua yang merupakan kupu-kupu terbesar kedua di dunia setelah Queen Alexandra (Ornithoptera alexandrae) (sumber)
Ornithoptera goliath merupakan salah satu spesies kupu-kupu langka dan dilindungi di Indonesia.
photo source
cantik ya warnanya? 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fans